Kamis, 31 Mei 2012

Berkah Shodaqoh

ألسـلام عليكم ورحمة الله وبركاته

بِســمِ اللهِ الرَّحْمَـنِ الرَّحِيـم



Al kisah, Ibu ‘XY’ yang bermukim di daerah Kweni Panggungharjo Bantul Yogyakarta, adalah seorang pedagang es ‘cendhol’ di kampung tersebut, pada saat petugas kami silaturahmi untuk membuka Tabung Infaq di rumah MUZAKI yang bersangkutan, beliau menceritakan sebuah cerita diluar logika manusia tentang amal Shodaqoh yang telah dilakukannya.
Pada hari tersebut ALLAH سبحانه وتعلى memberikan 3 buah cobaan yang datang bersamaan kepadanya :
  • Suaminya yang tercinta diberi cobaan oleh ALLAH سبحانه وتعلى berupa sakit, sehingga beliau tidak dapat membantu sang isteri mempersiapkan barang dagangannya.
  • Ketika beliau membeli bahan baku untuk dagagannya, tanpa diduga dan diluar kebiasaan ternyata kualitas dari ‘Cendhol’ sebagai bahan baku utama dagangannya, mendapatkan kualitas ‘Cendhol’ yang jelek. Hal tersebut menyebabkan beliau bingung, karena barang tersebut sudah tidak mungkin untuk di retur. Dalam benak beliau, hari itu pasti dia akan merugi dan akan mendapatkan rejeki yang sedikit, karena mungkin dagangannya tidak laku. Kemudian tanpa berpikir panjang, ketika beliau melihat tabung Infaq di depannya, sedikit sisa uang yang dipakainya untuk belanja ‘cendhol’ tadi dimasukkan ke tabung tersebut.
  • Sambil menunggu dagangannya bersama anaknya yang masih kecil, ada seorang penjual bakso lewat, dan diluar kebiasaan anaknya pun minta dibelikan. Ketika suapan terakhir berupa bakso dimasukkan ke mulut anaknya, betapa kagetnya dia … ternyata bakso itu membuat anaknya tersedak dan muntah-muntah.
Dari ketiga cobaan yang datang hampir bersamaan waktunya itu, ternyata diluar dugaan ‘Cendhol’ dagangannya habis tidak sampai jam 3 sore, padahal biasanya paling cepat dagangan tersebut habis pukul 5 sore. Dan betapa bersyukurnya beliau, ketika sampai di rumah mendapati suaminya dalam keadaan dalam keadaan sembuh.
Dari sekelumit cerita di atas, mungkin diantara Anda yang membacanya akan bergumam : “ Ahh … biasa aja … mungkin cuman sebuah kebetulan yang terjadi secara bersamaan!!!!” atau : “ Nahhhh … itu gara-gara Infaq yang telah dilakukannya !!!!”
Bukanlah Shodaqoh yang menyebabkan dagangan si Ibu ‘XY’ tadi laris… dan bukan pula karena Infaq, anak dan suaminya sembuh dari penyakit yang diderita. Akan tetapi semuanya karena ALLAH سبحانه وتعلى. Saudara-saudaraku, yakinlah ….. kebaikan sebesar zarrah pun …. Atau kejahatan sebesar zarrah pun pasti akan mendapatkan balasannya di sisi ALLAH سبحانه وتعلى. Dan tidak ada satu buah pun daun yang jatuh dari rantingya …. Tanpa sepengetahuan dan seijin-Nya.
Subhanallah …… Ada sebuah hikmah dibalik cerita tersebut, seorang ibu pedagang ‘Cendhol’ ….. maaf….. mungkin tidak menentu pendapatan hariannya …… tetapi karena mungkin ikhlas membelanjakan sebagian hartanya, ternyata telah benar-benar dihargai dan dibalas langsung oleh ALLAH سبحانه وتعلى. Sebuah kejadian yang tidak mudah dilakukan oleh kebanyakan orang.
Mudah-mudahan Shodaqoh yang beliau belanjakan tersebut ikhlas dan dalam rangka menggapai ridho-Nya. Semoga Shodaqoh tersebut bermanfaat bagi orang lain yang mungkin membutuhkannya. Amin Ya Rabbal ‘Alamin
وألسـلام عليكم ورحمة الله وبركات

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar