Kamis, 31 Mei 2012

500 rupiah

 



Dia mendekati KU
Bertanya apakah AKU punya 500 rupiah
Aku terkejut
Mulutku tertutup
Bahkan mataku tak sanggup menatapnya
Jantungku berdegup semakin kencang
Aku hanya menggelengkan kepala
Dari gerakan itu
Ia mengerti jawabanku
Ia meninggalkanku
Dan mencoba mendapatkan 500 rupiah dari orang lain

Kulihat dia
Kira-kira 25 tahun lebih
Penampilan berantakan, tidak bercukur, agak kotor
dan sepertinya sedang bingung
Ia tidak mendapatkan sekeping  500 rupiah pun dari setiap penumpang yang
ada di
gerbong ini
Maka ia mencoba ke gerbong lain

Hatiku sesak
Sesungguhnya aku ingin menghampiri dia
Dan memberikan 500 rupiah yang ia cari
Mungkin ia benar-benar membutuhkan uang itu
Mungkin ia bukan orang jahat
Mungkin ia ......
Mungkin ia ...........
Mungkin ia .....................
Begitu banyak kemungkinan

Bagaimana kalau orang itu adalah Utusan Allah?
Pernahkah terlintas di benak anda
Jika Allah bertanya ...
"Ketika orang miskin lapar, kau tidak memberinya makan"
"Ketika orang susah memerlukan 500 rupiah kau tidak memberikan"
Apa jawaban kita?

Apa susahnya sih memberikan 500 rupiah pada orang itu?
Uang di kantongku bahkan lebih dari itu
500 rupiah  tidak begitu berarti
Beli sepiring nasi saja tidak cukup

Aku menyadari bahwa
Rasa pelit lah yang membentengi aku untuk berbuat kasih!!!!

Aku sedih
Aku kecewa
Aku memarahi diriku yang mempunyai hati terlalu keras 

Alhamdulillah..........
Tapi setelah beberapa saat
Pikiran itu berubah
Hati kecilku berkata
Apalah arti pengajian" tentang saling berbagi/shodaqoh
kalau kita tidak mempraktekkannya?
Aku ingin
Mungkin aku masih belum bisa saat ini
Tapi aku terus berdoa
Suatu saat nanti
Aku akan terbebas
dan aku akan slalu bershodaqoh


Sampai saat ini
aku masih menangis
ketika aku melihat orang-orang yang membutuhkan
tetapi aku tidak dapat melakukan sesuatu untuk mereka
aku masih menangis
karena rasa pelit itu masih ada padaku
aku masih menangis
karena aku tidak dapat memberikan sebagian apa yang ada padaku untuk
mereka

Sejak saat itu
setiap aku melihat kepingan 500 rupiah
saya langsung teringat akan hal ini

Suatu saat nanti
Aku ingin membagikan 500 rupiah saya
kepada orang-orang yang membutuhkan
 Aku sudah membayangkan,
perasaan Aku  ketika Aku berhasil memberikannya
akan lebih bahagia daripada saat Aku  mendapat handphone baru
karena Aku bisa melihat ekspresi mereka
ketika uang 500 rupiah ada di tangan mereka

Doakan Aku  supaya Aku dapat istiqomah melakukanya
Aku  berharap kalian bisa berbuat apa yang belum bisa Aku lakukan

" indahnya saling berbagi "

Tidak ada komentar:

Posting Komentar